Mengenal Istilah Audit Optimasi Dalam Kenaikan Tingkat Website

ipuipuweb.com jasa pembuatan website – Ditemukan secara organik di Internet telah menjadi salah satu kebutuhan utama perusahaan kecil dan besar. Untuk mencapai ini, audit SEO adalah titik awal yang sempurna untuk strategi penentuan posisi apa pun. Dengan audit SEO, Anda dapat mengidentifikasi di mana Anda berada dan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan situs web Anda. Proses ini memungkinkan Anda untuk menentukan peluang peningkatan dan menemukan kekurangan struktural, teknis, atau konten yang akan berfungsi sebagai garis awal untuk memulai pengoptimalan. Dalam panduan langkah yang komprehensif ini, Anda akan mempelajari cara melakukan audit SEO untuk situs web atau blog Anda. Pada akhirnya, Anda akan dapat mengoptimalkan pemosisian organik Anda dan mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Mari kita mulai!

Apa itu audit SEO?

Audit SEO adalah analisis terperinci dari berbagai aspek yang memengaruhi pemosisian organik situs web.

Tujuannya adalah untuk mendiagnosis masalah dan mendeteksi titik pengoptimalan untuk meningkatkan peringkat situs web di halaman hasil (SERP) mesin pencari seperti Google .

Studi ini melibatkan pemeriksaan rinci elemen internal dan eksternal situs untuk menghasilkan diagnosis yang akurat dan diperbarui untuk menentukan tindakan yang harus diikuti.

Oleh karena itu, audit adalah langkah pertama dari setiap optimasi SEO yang ditujukan untuk memenuhi tujuan strategis.

Mengapa penting untuk melakukan audit SEO?

Saat kami membuat situs web dan terus-menerus memberinya konten dan pengaturan baru, sangat mudah untuk kehilangan jejak perilaku aktivitas ini setelah diimplementasikan.

Demikian juga, dengan perubahan konstan dalam algoritme Google dan perilaku pengguna yang terus berkembang , perlu dilakukan evaluasi berkala terhadap kinerja situs web Anda dalam skenario baru ini.

Dalam pengertian ini, audit SEO memungkinkan Anda untuk:

beradaptasi dengan perubahan dalam algoritma mesin pencari;
mengoptimalkan pengindeksan dan pemosisian halaman Anda;
menarik lebih banyak lalu lintas organik,
membuat keputusan strategis;
menjaga kesehatan situs web Anda secara keseluruhan.

Langkah demi langkah untuk melakukan audit SEO

Meskipun ada lebih dari 200 faktor yang diperhitungkan Google untuk memenuhi syarat dan mengklasifikasikan situs web, ada aspek penting yang harus kita perhatikan dalam strategi SEO apa pun.

Berikut adalah 15 langkah dan alat untuk membantu Anda memulai audit. Kami mengelompokkannya menjadi 4 tema utama:

perayapan dan pengindeksan;
isi;
kinerja dan kegunaan;
Analisis eksternal.

Dengan mengatakan itu, mari kita mulai bisnis!
Perayapan dan pengindeksan

  1. Analisis lalu lintas organik halaman Anda

Hal pertama yang akan kami lakukan dalam audit SEO ini adalah memetakan keadaan lalu lintas organik saat ini ke situs web Anda untuk mengetahui dari mana kami memulai.

Untuk ini, Google Analytics adalah alat yang sempurna. Setelah dikonfigurasi, Anda dapat tahu yang merupakan halaman arahan yang paling sering dikunjungi dan yang merupakan asal dari kunjungan membedakan berbagai sumber lalu lintas seperti:

pencarian langsung;
pencarian organik (yang paling menarik bagi kami dalam kasus ini);
jaringan sosial ;
iklan berbayar;
referensi;
diantara yang lain.

Dengan informasi ini, Anda dapat menentukan mana sumber lalu lintas terkuat Anda, mana yang harus Anda optimalkan untuk mendiversifikasi daya tarik lalu lintas, dan jenis konten yang paling menarik bagi pengguna Anda.

Anda juga dapat mempelajari sejarah kunjungan organik untuk mengidentifikasi puncak dan penurunan. Dengan ini Anda dapat menganalisis tindakan yang Anda lakukan di masa lalu, meniru tindakan yang memiliki hasil yang baik dan menghindari tindakan yang tidak.

  1. Mulai perayapan situs web

Melakukan penjelajahan situs web di awal audit SEO memberi Anda pandangan yang jelas tentang situasi Anda saat ini.

Demikian juga, ini membantu Anda untuk melihat kemajuan dalam pemosisian dan daya tarik lalu lintas organik saat Anda memecahkan masalah yang ditemukan.

Perayap SEO akan memindai situs web Anda dengan cara yang sama seperti yang dilakukan Google untuk memberi Anda wawasan tentang struktur dan pengaturan SEO saat ini menurut CMS Anda, dengan WordPress menjadi yang paling cocok untuk pemosisian di mesin telusur .

Ada banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk memulai pemindaian dan membiarkannya berjalan di latar belakang saat Anda melanjutkan dengan langkah berikutnya. Ini adalah:

Katak Berteriak ;
Sinari Kami;
Audit Situs Ahrefs ;
Audit Situs SEMRush .

  1. Periksa pengindeksan Anda di Google

The mengindeks Google adalah alpha dari posisi organik. Jika Anda tidak muncul di indeks Google, pada dasarnya Anda tidak dapat ditemukan oleh pengguna Anda secara organik , terlepas dari semua upaya Anda untuk terus-menerus menerbitkan konten baru.

Jadi, aspek penting dari audit SEO adalah memverifikasi bahwa situs web Anda dan semua halaman yang relevan diindeks di mesin pencari.

Untuk ini, alat Google Search Console terbaik . Dari menu utama Search Console Anda dapat pergi ke opsi “Status Indeks” dan di sana melihat berapa banyak halaman yang telah Anda indeks di Google.

Selanjutnya kita akan melihat 3 aspek yang harus Anda perhitungkan untuk mengevaluasi pengindeksan situs web Anda di Google.

Konfigurasikan peta situs Anda

Peta situs adalah file yang berisi daftar terorganisir dari URL situs web Anda. Pada dasarnya, ini memberi tahu perayap jalan mana yang harus ditempuh untuk merayapi dan mengindeks halaman situs web.

File ini dapat diatur menurut jenis konten, tanggal publikasi, area web, URL prioritas, dll. Yang penting adalah berisi semua URL yang relevan untuk situs web Anda.

Jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat membuat file peta situs menggunakan plugin Yoast SEO dan mengunggahnya melalui Google Search Console.

Leave a Comment